Internet of Things

Halo Sahabat Muda Bersahaja

Sahabat pernah baca artikel Iot? Kalau belum, Mari kita simak informasi berikut ini.

Internet Of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. IoT mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Merujuk pada jaringan perangkat fisik, kendaraan, peralatan rumah tangga, dan barang-barang lainnya yang ditanam sensor atau perangkat elektronik, perangkat lunak, sensor, aktuator, dan konektivitas yang memungkinkan untuk terhubung dengan jaringan internet maupun mengumpulkan dan bertukar data.

Cara Kerja IoT yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman, dimana tiap perintah argumennya menghasilkan sebuah interaksi antar mesin yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan jarak. Internet yang menjadi penghubung di antara interaksi mesin tersebut, sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

sumber : www.alibabacloud.com

Istilah Iot dikenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT. Internet of Things (IoT) menjadi tren teknologi yang semakin banyak didiskusikan. Survey yang dilakukan Forbes Insight dan Hitachi Vantara diprediksi menjadi salah satu teknologi dengan dampak tertinggi bagi perekonomian industri.

Menurut Forbes Insight, ada lima area yang akan terdampak, diantaranya :

Peningkatan kualitas produksi
IoT dapat membantu produsen mendeteksi bahan dengan kualitas di bawah standar, serta memastikan ketepatan spesifikasi produk.

Manajemen supply chain
Untuk perusahaan yang mengandalkan operasi logistik, penerapan IoT dapat meningkatkan efisiensi perusahaan via automasi proses logistik.

Manajemen dan pelacakan aset
Bila perusahaan memiliki inventaris aset dalam jumlah besar, IoT dapat menyediakan informasi penting tentang lokasi, kesehatan, dan efisiensi peralatan.

Pengambilan keputusan financial
IoT berperan menyediakan visibilitas real time yang melengkapi data perencanaan sumber daya perusahaan dan sistem akuntansi.

Pengalaman pengguna
Dengan Iot Pengguna memungkinkan untuk mengambil, memproses, dan menganalisis data.
Perbincangan dan perkembangan IoT di Indonesia kalau saya perhatikan mulai pada 2014. Sektor pertanian, transportasi, smart city, Industri dan tidak ketinggalan soal smart home. Berbagai perlombaan di tanah air terkait IoT mulai tahun 2016. Selain itu saat ini di kampus kampus sudah mulai diterapkan menjadi tugas atau skripsi yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Sahabat bisa mendapatkan beberapa contoh platform penerapan IoT tersebut dengan googling keyword berikut, geeknesia, ubidots, data.sparkfun, thingspeak

Sebagai informasi juga buat sahabat, tahun 2018 Pemerintah Indonesia telah meluncurkan “Roadmap Making Indonesia 4.0” untuk memasuki era revolusi industri ke-4. Internet of Things (IoT) jadi salah satu andalan peta jalan yang diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian. Dalam merealisasikan Making Indonesia 4.0 tentu akan berkaitan dengan penyediaan infrastruktur dan teknologi informasi dan komunikasi yang tepat, seperti IoT, Big Data, Cloud Computing, Artificial Intellegence, Mobility, Virtual dan Augmented Reality, sistem sensor dan automasi..

Kalau diperhatikan sangat menarik ya bila IoT tersebut segera direalisasikan ^_^


Sumber : idtechinAsia,Detik,Kaskus
Internet of Things Internet of Things Reviewed by Soezack on Kamis, Maret 21, 2019 Rating: 5

2 komentar:


  1. Best Article BUY WEED ONLINE Excellent post. I appreciate this site. Stick with it! Because the admin of this web page is working, no doubt very quickly it will be well-known, due to its quality contents.This website was how do you say it? Relevant!! Finally, I’ve found something that helped me.

    Best Article BUY ADDERALL ONLINE Excellent post. I appreciate this site. Stick with it! Because the admin of this web page is working, no doubt very quickly it will be well-known, due to its quality contents.This website was how do you say it? Relevant!! Finally, I’ve found something that helped me.

    BalasHapus
  2. Untuk di indonesia sendiri internet marketingnya udah ada blum bg yang menggunakan jasa ini seperti para pemBisnis Properti gitu ?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.