Timnas Sepakbola Indonesia Berhasil Meraih Emas Sea Games 2023 Kamboja

Timnas Sepakbola Indonesia Berhasil Meraih Emas Sea Games 2023 Kamboja
Logo PSSI

Tanggal 16 Mei 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-22. Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas cabang sepak bola pada kompetisi SEA Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja. Tim yang dilatih Indra Sjafri ini sukses mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di Stadion National Olympic Stadium Phom Penh. Pertandingan berjalan sangat keras dandramatis dengan hujan kartu kuning dan kartu merah.

Daftar penerima kartu di final SEA Games 2023 : 

Indonesia

  • 5 Kartu Kuning: Ernando Ari, Komang Teguh, Ramadhan Sananta, Alfeandra Dewangga.
  • 1 Kartu Merah: Komang Teguh.

Thailand

  • 8 Kartu Kuning: Chayapipat Supunpasuch, Jonathan Khemdee (2), Chatmongkol Rueangthanarot, Teerasak Poeiphimai (2), Airfan Doloh, Apisit Saenseekammuan.
  • 3 Kartu Merah: Soponwit Rakyart, Jonathan Khemdee, dan Teerasak Poeiphimai.

Ujung tombak timnas U22 Indonesia, Ramadhan Sananta, tampil tajam dengan mencetak dua gol yakni pada menit ke-21 dan 45+5. Tiga gol skuad Garuda Muda lainnya dibukukan oleh Irfan Jauhari (91'), Fajar Fathur Rahman (107'), dan Beckham Putra Nugraha (120'). Sementara itu, gol balasan Thailand dicetak Anan Yodsangwal pada menit ke-65 dan Yotsakorn Burapha menit ke-90+7.

Perjalanan Timnas Sepakbola Indonesia Meraih Emas SEA Games

Skuad Timnas Sepakbola Indonesia Sea Games 2023

Kiper : Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo

Belakang : Bagas Kaffa, Rio Fahmi, Komang Teguh, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Haykal Alhafiz, Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga

Tengah : Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Beckham Putra, Taufany Muslihuddin

Depan : Fajar Fathur Rachman, Titan Agung, Jeam Kelly Sroyer, Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman

Kalau kita cek sejarah, kesuksesan pertama Timnas Indonesia diraih pada SEA Games 1987. Medali emas sepak bola sempat lepas pada dua tahun berselang. Baru pada SEA Games 1991, Timnas Indonesia kembali meraih prestasi tertinggi. Setelah keberhasilan yang ditorehkan pemain-pemain seperti Robby Darwis, Rochy Putiray, dan Widodo Cahyono Putro, Indonesia tak pernah lagi menjadi juara cabor sepak bola di SEA Games. Empat kesempatan untuk meraih emas gagal diwujudkan, yakni ketika Indonesia masuk final pada 1997, 2011, 2013, dan 2019.

Logo SEA GAMES dan ASEAN PARA GAMES 2023

Pecinta bola sejak kecil seperti saya tentu sangat menantikan momen seperti ini. Penantian panjang selama 32 tahun untuk merebut kembali emas tentu bukan hal yang mudah. Bagi saya, Penampilan Timnas Indonesia U-22 ini sangat baik sepanjang pertandingan Sea Games 2023 ini. Berhasil mengatasi kelelahan dan berhasil juga mengelola emosi hingga babak pertambahan waktu menjadi kunci kemenangan.

Mari kita kawal bersama perkembangan generasi U-22 ini untuk menghadapi kompetisi lainnya.

Bravo Sepakbola Indonesia!


Sumber : 

  • www.Bola.com 
  • www.kompas.com
  • www.Indonesiabaik.id
  • www.cnnindonesia.com

Timnas Sepakbola Indonesia Berhasil Meraih Emas Sea Games 2023 Kamboja Timnas Sepakbola Indonesia Berhasil Meraih Emas Sea Games 2023 Kamboja Reviewed by Soezack on Jumat, Juni 30, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.